analisis STP Blackberry

STP(segmentation, targeting, positioning)

blackberry

A. Versi Existing

Sejarah RIM

 

Tahun Events Blackberry features konsumen
1984
  • Memulai wirausaha kecil
1992
  • Produk pertama
  •  Pager dua halaman
1998
  • Blackberry pertama
  •  wireless
  •  text yang terintegrasi
  • Tampilan
  • e-mail standar
1997
  • toronto stock exchange
1999
  • balckberry 850
  •  permintaan meningkat ,
  • suara dan transmisi data
  • Internet   yg terbatas
  •  Pebisnis profesional
2001
  • 1250 pekerja
2009
  • 7000 pekerja
  • Blackberry Curve8330
  • Blackberry Pearl 8120
  • organisir,
  • contact manager,
  • komputer,
  •  internet  device,
  • telepon
  • lebih dari 14 juta pelanggan
  • lebih dari 135 negara

Blackberry smartphone

STP(segmentation, targeting, positioning) analisis

Segmentasi Sub segmentasi targeting Permintaan (demand)
Demografi Tingkat pendapatan >Rp 5.000.000,-/bulan Membeli barang-barang pribadi yang berkelas
Mengikuti perkembangan fashion produk
psikografi Kepribadian/ sifat psikologis Orang yang mengalami Konsumen yang aktif
Konsumen yang antusias
Kelompok early majority
Kelompok masyarakat penyuka sosial media
Orang yg menghabiskan proporsi pendapatan yg cukup tinggi
Mereka yang suka mendemonstrasikan keberhasilan kepada teman-teman
Behavioral Pekerjaan Pebisnis profesional Pegawai yang mobilitas tinggi
Pegawai yang memerlukan organizational data
Orang yang menggunakan fitur-fitur khusus

Positioning

Blackberry adalah ponsel cerdas yang menjamin konsumen untuk  menerima semua jenis informasi langsung, dan dapat menelusuri Web (browsing), membuat atau menerima panggilan telepon,mengatur schedule harian dan banyak lagi.

Peta target market Blackberry

 

 

 

 

 

B. Versi exploring

 

Bauran jasa (strategi 8P)

  1. 1.       Product

“Blackberry playbook 3D”

Fitur tambahan :

  • Slot kartu GSM
  • Wifi
  • Slot memory cayd
  • Camere high resolution
  • etc
  1. 2.       Price

Harga yang dikenakan di produk ini adalah

“Premium price”

  1. 3.       Place
  • Melakukan distribusi ke kota-kota besar
  • Membuat gerai-gerai khusus
  • Bundling dengan beberapa provider top
  • Toko-toko gadget
  1. 4.       Promotion
  • Brand value
  • Pameran-pameran
  • Promosi di mikro blogging dan sosial media
  1. 5.       Physical evidence
  • Kacamata 3D, headset surround sound untuk melengkapi kualitas gadget.
  1. 6.       Process
  • Produk ini dilengkapi dengan kaca mata khusus untuk menciptakan efek 3D dalam tiap2 fitur layanannya, serta dilengkapi kamera untuk video chat dan dioperaikan dengan spek tinggi.
  1. 7.       People
  • Disediakan layanan online untuk mencari informasi, tanya jawab, keluhan ,dan saran untuk melayani pelanggan.
  1. 8.       productivity and quality
  • kualitas produk sangat diutamakan, karena merupakan high-end gadget dan terobosan baru maka fitur-fitur disediakan seatraktif mungkin guna memenuhi harapan pelanggan.

STP(segmentation, targeting, positioning) analisis

Segmentasi Sub segmentasi targeting Permintaan (demand)
Demografi Kelas sosial Golongan high-end teknologi Penyuka gadget dengan terobosan baru
Kelompok pemerhati teknologi
demografi Tingkat pendapatan >Rp15.000.000/bulan Membeli barang-barang pribadi yang berkelas
psikografis Kepribadian/ sifat psikologis Innovators (pembaru/penemu) Konsumen yang aktif
Menyukai design yang fashionable
Mengikuti perkembangan jaman gadget dengan teknologi terkini
Rela membayar lebih untuk  produk baru yg mutkahir
Konsumen gadget dengan rasa percaya diri tinggi

Positioning

“Sebagai pioner tablet 3D pertama dan termutakhir.”

Peta posisi produk

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s