resume bab 9 : Pengembangan Produk Baru

Bab 9

Pengembangan Produk Baru

 

Setelah perusahaan mensegmentasikan pasar, memilih kelompok pelanggan sasaran dan mengidentifikasi kebutuhannya, serta menentukan posisi pasar yang diinginkan. Perusahaan itu siap mengembangkan dan meluncurkan produk dan jasa baru yang tepat. Pemasaran harus berpasrtisipasi dengan department lain dalam setiap tahap pengembangan produk baru.

Pengembangan produk baru yang berhasil mengharuskan perusahaan menentukan organisasi efektif untuk mengelola proses pengembangan. Perusahaan dapat memilih untuk menggunakan manajer produk produk, manajer produk baru, komite produk baru, department produk baru, atau tim usaha produk baru. Semakin banyak perusahaan yang menerapkan tim lintas fungsi, berhubungan dengan perorangan dan organisasi di luar perusahaan, dan mengembangkan berbagai konsep produk.

 

Beberapa faktor tambahan yang menghalangi pengembangan produk baru adalah :

  • Kelangkaan ide penting pada wilayah tertentu
  • Pasar yang terfragmentasi
  • Batasan sosial dan pemerintah
  • Biaya pengembangan
  • Kelangkaan modal
  • Waktu pengembangan yang dibutuhkan lebih pendek

 

Langkah-langkah utama dalam pengembangan produk baru

 

Sepuluh (10) cara menemukan ide produk baru yang hebat.

1)      Menjalankan sesi informal

2)      Memberikan waktu luang

3)      Mengadakan sesi tukar pikiran dengan pelanggan

4)      Mensurvei pelanggan

5)      Melakukan riset “terbang diatas dinding” atau “berkemah” dengan pelanggan.

6)      Gunakan putaran iterasi.

7)      Mengadakan pencarian kata kunci

8)      Memperlakukan pameran dagang sebagai misi intelijen

9)      Menemukan apa yang baru

10)   Mendirikan ruang ide dan membuatnya terbuka dan mudah diakses.

 

Tujuh (7) cara untuk menarik ide baru dari pelanggan anda :

1)      Meneliti bagaimana pelanggan anda menggunakan produk anda

2)      Menanyakan kepada pelanggan mengenai masalah dengan produk anda

3)      Bertanya kepada pelanggan anda tentang produk impian mereka

4)      Menggunakan dewan penasihat pelanggan untuk mengomentari ide perusahaan anda

5)      Menggunakan situs web untuk ide baru

6)      Membentuk komunitas merek yang terdiri dari para peminat untuk membicarakan produk anda

7)      Mendorong atau menantang pelanggan mengubah atau memperbaiki produk anda

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s